try another color:
try another fontsize: 60% 70% 80% 90%

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 1

pci1.gif

Menempuh PENDIDIKAN, meninggalkan KAMPUNG HALAMAN dilatih menjadi Pribadi KREATIF

Dr. Ir. Ciputra lahir di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan, ia anak ke 3 dari pasangan Tjie Sim Poe dan Lie Eng Nio. Keluarga ini memiliki rumah yang sekaligus toko kelontong di sebuah kota yang bernama Bumbulan, sekitar 150 km dari Gorontalo, Sulawesi Tengah. Ketika berusia 12 tahun ia kehilangan ayahnya yang meninggal di tahanan tentara pendudukan Jepang karena tuduhan palsu dianggap mata-mata Belanda.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 2

pci3.gif

Mengalami Pengalaman KERJA selama KULIAH

Dr. Ir. Ciputra berangkat ke Bandung dari Sulawesi untuk melanjutkan kuliah di ITB sebagai seorang mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Ia adalah seorang anak yatim dari sebuah keluarga sederhana yang tinggal di pelosok pulau Sulawesi. Bekal dan dukungan dari ibunya untuk kuliah dan hidup sehari-hari tentu tidak cukup sehingga ketika kuliah di tingkat 3 ITB Bandung, Dr. Ir. Ciputra mendirikan usaha konsultan perencanaan dengan 2 temannya yaitu Ir. Budi Brasali dan Ir. Ismail Sofyan. Ia bekerja penuh di perusahaan ini dan setahun kemudian ia juga bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Perusahaan konsultan yang itu masih ada sampai sekarang dengan nama PT. Perentjana Djaja.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 3

pci4.gif

Meningkatkan diri dari bisnis bisnis konsultan dan Menjadi Seorang PENGEMBANG

Dr. Ir. Ciputra kecil ketika masih tingal di Parigi bersama kedua orang tuanya tinggal di sebuah rumah toko. Ayah Dr. Ir. Ciputra adalah seorang pedagang dan tampaknya bakat bisnis telah tertanam sejak lahir. Selain itu lingkungan rumah dan asuhan orang tuanya telah menjadi latihan-latihan berharga bagaimana melakukan bisnis. Sejak kanak-kanak ia terbiasa melihat barang dagangan, ia kerap melihat proses transaksi, ia juga membantu orang tuanya sebisanya. Dr. Ir. Ciputra berada dalam suasana bisnis selama 24 jam sehari.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 4

pc2.jpg

Meningkatkan skala BISNIS dengan Bekerja Sama (Partnership) yang lebih luas dan strategis.

Rupanya Dr. Ir. Ciputra tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan diri. Ketika Dr. Ir. Ciputra berusia hampir 40 tahun (1971) kembali Dr. Ir. Ciputra membuat keputusan historis. ia mengajak 2 temannya yaitu Bpk Ismail Sofyan dan Bpk Budi Brasali kemudia mereka juga mengajak beberapa rekan lain untuk mendirikan PT Metropolitan Development setelah sebelumnya ia mendapatkan ijin dari komisaris PT Pembangunan Jaya. Di grup bisnis yang baru ini Dr. Ir. Ciputra menjadi Presiden Komisaris dan lebih banyak bertindak sebagai inspirator, motivator dan juga inovator. Ia tidak terlibat dalam manajemen sehari-hari atau penuh waktu.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 5

pci4.gif

KEPUTUSAN 5: Membangun Grup CIPUTRA bersama KELUARGA

 

10 tahun kemudian, tepatnya tahun 1981 di usianya yang 50 tahun Dr. Ir. Ciputra kemabli membuat keputusan historis yaitu mendirikan kelompok bisnis Grup Ciputra bersama istri dan 4 anaknya beserta suami mereka yang baru tamat dari luar negeri. Kenapa Dr. Ir. Ciputra setelah berhasil melakukan kerja sama dengan Pemerintah DKI Jakarta lalu dengan teman-temannya juga dengan Salim Group dan pemodal luar negeri kini ingin melakukan "kerja sama" dengan anak-anaknya?

 

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 6

pci.jpg

KEPUTUSAN 6: Mengembangkan Bisnis ke LUAR NEGERI

 

Salah satu keunikan Dr. Ir. Ciputra adalah kemampuan dia untuk berpikir jauh ke depan. Ia bisa melihat apa yang tidak dilihat orang lain, ia bisa menduga apa yang akan terjadi padahal kebanyakan orang belum pernah memikirkannya. Inilah rahasianya kenapa akhirnya Dr. Ir. Ciputra sukses membuka usaha di luar negeri.

 

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 7

pci1.gif

KEPUTUSAN 7: GOD has more in STORE!

 

Saat kerusuhan Mei 1998, gedung mal dan hotel Ciputra sebuah gedung kesayangan Dr. Ir. Ciputra terancam. Coba anda bayangkan bagaimana perasaan hati Dr. Ir. Ciputra ketika ia mendapat laporan bahwa mobil-mobilsudah dibakar di sekeliling gedung, masa sudah berkumpul bahkan sebuah pos polisi di samping depan mal dan hotel Ciputra juga porak poranda dibakar.

 

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 8

KEPUTUSAN 8: Melalui Masa KRISIS MONETER dengan Berani Bertanggung Jawab

Salah satu prestasi terbesar yang dialami Dr. Ir. Ciputra adalah pengalamannya membawa ke 3 grup bisnisnya berhasil melalui krisis ekonomi dan terus dapat mengembangkan diri di masa sekarang. Padahal keadaan bisnisnya sangat tidak berpengharapan pada pertengahan tahun 1998. Hutang-hutang perusahaan naik hingga 5-6 kali karena sebagian pinjaman perusahaan dalam bentuk US$, nilai aset perusahaan menyusut dan penjualannya merosot kurang dari separuh tahun sebelumnya. Pada masa-masa akhir tahun 1997 sampai dengan bulan Mei 1998 kehidupan pribadi Dr. Ir. Ciputra penuh dengan tekanan dan kegelisahan.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 9

KEPUTUSAN 9: Memusatkan diri pada Pelayanan Pendidikan

 

Ada beragam pelayanan sosial yang Dr. Ir. Ciputra lakukan untuk kepentingan masyarakat luas. Bagi Dr. Ir. Ciputra menjadi berkat bagi masyarakat tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur menjadi sukses karena dukungan masyarakat dan pantas untuk memberikan kembali kepada masyarakat. Sejak 3 tahun yang lalu ia mengambil sebuah keputusan penting yaitu melakukan fokus pelayanan sosial dalam bidang pendidikan. Kenapa pendidikan? Setidaknya terdapat dua pikiran dasar. Pertama sudah lebih dari dari 35 tahun yang lalu Dr. Ir. Ciputra telah memiliki keyakinan bahwa pendidikan yang baik dan bermutu adalah passport untuk meningkatkan harkat dan kesejahteraan seseorang, sebuah keluarga ataupun sekelompok masyarakat. Melalui pendidikan yang bermutu kita dapat membuka pintu masa depan yang lebih baik.

Dr. Ir. Ciputra - Keputusan No. 10

KEPUTUSAN 10: Membuat Strategi FOKUS dan membangun Perusahaan untuk menjadi MNC (Multi National Corporation)

 

Menjelang akhir masa krisis ekonomi ini kembali Dr. Ir. Ciputra menetapkan sebuah keputusan strategis yang sangat penting yaitu FOKUS pada bisnis PROPERTI dan melakukan pengembangan bisnis ke KOTA-KOTA BESAR di luar P Jawa dan di luar negeri, Apakah artinya...? Ini berarti Dr. Ir. Ciputra tidak lagi melakukan strategi konglomerasi atau masuk ke berbagai ragam bisnis tapi sekarang benar-benar hanya fokus pada bisnis properti terutama membangun kota-kota baru dan proyek-proyek komersial yang berada di banyak lokasi kota besar dan negara, baik dalam dan terutama di negara-negara Asia

Dr. Ir. Ciputra - Konklusi 10 Momen

Dulu ia bekerja di ladang mencari makan hanya untuk dirinya dan keluarganya sendiri sekarang melalui profesinya ribuan orang mendapat kesempatan kerja dan ratusan ribu anggota keluarga mendapatkan nafkah dan masa depannya.

 

Dulu ia tinggal di rumah sederhana sekarang ia telah menjadi pengembang yang membangun lebih dari 20 pengembangan perumahan skala kota untuk lebih dari 100.000 ribu hunian dan akan tinggal disana ratusan ribu penduduk.

 

Dulu ia hanya seorang anak dari sebuah keluarga sederhana sekarang ia dapat menyumbang dana melalui pendidikan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.